SOSIALISASI PEMBAGIAN KUNCI PERTOKOAN DAN LOOS PASAR SAWOO I

SOSIALISASI  PEMBAGIAN KUNCI PERTOKOAN DAN LOS PASAR SAWOO I

pintu masuk pasar sawoo I

Pada hari Raboo tanggal 16 Januari 2019 dilakukan Sosialisasi Pembagian  Kunci  Pertokoan Pasar Sawoo I dan Los Pasar Sawoo I bertempat di Balai Desa  Sawoo Kecamatan Sawoo, Pada acara tersebut dipandu oleh Pembawa Acara  sekaligus Tuan Rumah Yakni Kepala Desa Sawoo Sdr SARIONO  dalam sambutannya mengatakan   bahwa pada hari ini  dilakukan Sosialisasi oleh Kepala Dinas Perdakum pada kesempatan ini mohon maaf hanya dapat memberikan tempat  ala kadarnya sambutan  yang akan kita ikuti nanti diantaranya :

  1. Dari Camat Sawoo
  2. Sambutan Kepala Kejaksaan Negeri R epublik Indonesia KAJARI Ponorogo
  3. Sambutan serta sosialisasi dari Kepala Dinas Perdakum
  4. Tanya Jawab

Pada sambutan pertama oleh Camat Sawoo mengatakan bahwa  semoga dengan sosialisasi ini Alloh Tuhan YME memberi  petunjuk  hidayah dan inayahnya sehingga  memberikan kelancaran acara hari ini  sebagai unsure pimpinan Wilayah  menyampaikan bahwa sumber pembiayaan pembangunan  Pasar sawoo bersumber pada  APBN Tahun 2018  hasil  usulan  Bpk. Bupati Ponorogo mari keinginan Bpk Bupati Ponorogo kita dukung tidak hanya misi dan visinya juga mendukung distiminasi wisata dengan  dengan melakukan inovasi produk yang mendukung belanja wisata karena dengan adanya waduk bendo mari kita membaca keadaan bila tidak bisa  memmbaca keadaan tentu kita akan tertinggal  Camat sawoo mengatakan selamat pada  para pedagang    semoga dimanfaatkan dan komitmen apa yang kita sepakati nanti juga mengatakan terima kasih Kepada Bapak Bupati Ponorogo yang telah mengusahakan akan pembangunan Pasar Sawoo I ini semoga amal ibadah Beliau mendapatkan balasan dari Tuhan Yang Maha Esa dengan setimpal. Kemudian mari kita ikuti sosialisasi ini secara seksama.

Kepala Kejari Podorogo dalam hal ini ini diwakili oleh Kasi Intel Bpk. HENDRATMIKO  mengatakan bawha bila nanti kita sudah menempati los dan took pasar sawoo I ini mari pasar sawoo ini kita jadikan rumah kedua  karena sebagai tempat mencari nafkah. Kita .

Selanjutnya Kepala Perdakum mengatakan pada sambutannya  bahwa tahun 2019 merupakan tahun wisata kita punya pasar sawoo pasar kita mari kita jadikan sebagai belanja wisata  mari kita berpakaian worok atau batik atau dengan pakaian yang sopan  sehingga menarik wisatawan

Pasar kita harus ada paguyuban pasar sawoo sudah dapat ditempati 100 %  diharap pasaran pon depan bisa ditempati kasihan pak Waji karena selama 5 bulan kita menempatinya dengan tanpa membayar terimakasih pada pak Waji yang telah merelakan lahannya semoga dengan ikhlasnya menjadikan berkah apa yang diusahakannya. Kita pindah secara bersama sama berdasarkan kesepakatan bulan Februari sudah ada di Pasar sawoo I  pada tempat yang baru tersebut  mari kita musyawarahkan dengan taat aturan yakni pada setiap pedagang harus punya BPTU  ( Bukti Pemakaian  Tempat Usaha) Tempat Usaha tersebut tidak diperkenankan diperjualbelikan para pedagang diharap mentaatinya sedangkan bila diwaris dibolehkan bila ahli waris sudah tidak ada agar dikembalikan pada dinas Perdakum.

Apa yang disampaikan pak HENDRATMIKO  mari kita taati  pasar kita sebagai rumah kita kedua mari kita pelihara kebersihan keindahan dan kenyamanan  sehingga layak sebagai tempat belanja wisata untuk mendukung hal tersebut pada waktu kedepan kita bisa  studi pasar  ke Jakarta  ke BSD atau ke Banjar Nega    diharapkan nati para pengunjung waduk bendo belanjanya di pasar sawoo I ini maka mari kita pelihara  karena PNS di dinas Perdakum sangat terbatas dikarenakan moratorium Pengadaan PNS beberapa tahun ini.

Penambahan pertokoan  tidak mengurangi hak para pedagang  diharap nanti setiap hari dapat buka  demikian juga pasarnya  dalam kepasar   hendaknya berpakaian yang bagus  kita harus merubah manseetnya  karena sawoo perbatasan dengan trenggalek, “<tempat belanja wisata  nanti pada pasar kita tulisi “BELANJA WISATA”  pada hari ini kunci toko diserahkan setelah diserahkan diharap dibuka setiap hari  toko  dibuat kecil karena aturan dari pusat  barang nanti disediakan gudang.   dipusat ada UMKM   KOPWAN dan salon   ketiga tersebut hal yang baru harus ada di pasar

Pasar Sawoo I dibangun  yang loos Pasar dibuat berdasarkan jenis  dagangan,  plataran dan loos barter  dan swadaya  pasar dilengkapi   parker kendaraan Mushola  Kamar kecil Pusat ATM  dan tempat sampah los pasar akan diundi besuk Pon kedepan  sedangkan plataran diundi besuk legi  ada pertanyaan dari pedagang kain bertempat di swadaya  nanti diatur oleh paguyuban kita perkelompokan  berdasarkan jenis dagangannya.

Bila ada  masalah jangan lapor kemana mana laporlah ke dinas perdakum Kecamatan atau ke Desa  nanti ditata bersama paguyuban, sedangkan pedagang yang terdampak  pembangunan tempat sampah kita  beri di warung di  pasar kambing dan los dalam sedangkan saat ini   plataran belakang masih proses  pemavingan.

Kemudian  ketua Paguyuban  menyampaikan terima kasih pada Pak waji  yang selama ini  yang telah mengikhlaskan lahannya untuk penampungan  para pedagang selama 5 bulan mohon maaf bila ada kesalahan  selama menempati lahannya. Kepada para pedagang diharap jangan semua barang dagangan dipajang diatas meja namun hanya contoh saja sehingga tidak memenuhi meja  tempatkan di bawah meja los.  Pandai pandailah mencari pelanggan  kebersihan keindahan dan kenyamanan pasar mari kita jaga bersama sama  jangan sampai ada sampah setelah dagang masukkan pada container  tempat sampah yang telah disediakan dimohon   sampah akan dangkut setiap du kali pasaran.  tukang parker agar  komitmen . zona tempat  parker jangan digunakan melapak  semua harus masuk pasar.

Dalam selama satu tahun sebelum dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten Ponorogo oleh Pemerintah Republik Indonesia  maka para pedagang yang menempati pasar sawoo I  dan pertokoan dibebaskan  dari Biaya sewa  sedangkan akan kebutuhan listrik air maupun kebersihan agar dimusyawarahkan dengan paguyuban, selanjutnya setelah  dihibahkan maka dilakukan perjanjian Sewa  antara Pemerintah Kabupaten Ponorogo dengan para Pedagang.

secara lengkap dapat anda simak pada fidio berikut :

Sebelum acara sosialisasi didahului oleh peninjauan Lokasi pasar sawoo I dan silaturrohmi ke rumah Bapak Waji

foto Kegaiatan

halaman depan Pasar sawoo I

halaman samping utara pasar sawoo I

utara pasar sawoo I

Pasar sawoo I dilihat dari jalan Nasional III

Jalan Nasional III

ATM Bank Jatim utara pasar sawoo I

halaman depan pasar sawoo I

halaman depan pasar sawoo I

loos pasar sawoo I dilihat dari atas sebelah utara

Loos pasar Sawoo I dilihat dari sebelah utara

Pintu Masuk sebelah utara

Pintu masuk sebelah utara

Pintu masuk pasar sawoo I

pintu masuk pasar sawoo I

Loos pasar sawoo I dari dilihat bawah

loos pasar sawoo I dilihat dari bawah

Pertokoann pasar sawoo I dari dalam

Pertokoan pasar sawoo II dari dalam

warung mhah salim

Karyawan Kecamatan sawoo ter edrek Jathil

karyawan Kecamatan sawoo ter edrek jathil

Karyawan Kecamatan sawoo ter edrek jathil

plataran belakang camat dan kasi Kesmas beserta Dinas Perdakum monitoring pasar sawoo I

Plataran belakang pasar sawoo I

Plataran pasar sawoo I sebelah timur

Plataran pasar sawoo I sebelah timur

Plataran pasar sawoo I sebelah timur

Plataran Pasar sawoo I sebelah timur

Plataran Pasar sawoo I sebelah timur

pintu keluar belakang pasar sawoo I

Pintu keluar belakang pasar sawoo I

Plataran belakang pasar sawoo I

Pintu keluar belakang pasar sawoo I

Saluran pembuangan air dari pasar sawoo I sebelah utara belum ada

plataran belakang pasar sawoo I

utara pasar sawooI

Plataran belakang pasar sawoo I

utara pasar sawoo I saluran pembuangan air belum ada

utara pasar sawoo I saluran pembuangan air belum ada

halaman depan pasar sawoo I

halaman depan pasar sawoo I

halaman depan pasar sawoo I

pintu masuk pasar sawoo I

halaman depan pasar sawoo I

halaman depan pasar sawoo I

Jalan Nasional III dilihat dari pasar sawoo I

halaman depan pasar sawoo I

halaman depan paras sawoo I

halaman depan pasar sawoo I

halaman depan pasar sawoo I

halaman depan pasar sawoo I

Rumah Orang tua Kasi Tramtibum Kec Sawoo utara Pasar sawoo

Kasi Tramtibum berada di Rumah orang tuanya ngempeng

tempat sampah sementara sampah akan diambin tiap du kali pasaran

loos pasar dikelompokkan berdasarkan jenis dagangan

Pertokoan dari dalam pasar

pertokoan dalam pasar kepala Desa sawoo dan camat sawoo monitoring pasar

Camat sawoo dan Kades Sawoo serta Kepala Dinas Perdakum Monitoring pasar sawoo I

Tiap stan dagangan bertuliskan tanda pengenal

tanda pengenal stan dagangan

loos dikelompakkan jenis dagaangan

Loos pasar sawoo I dikelompokkan berdasarkan jenis dagangan

Camat Sawoo dan Kades Sawoo berada dalam pasar sawoo I

Pengelompokan jenis dagangan

pengelompokan jenis dagangan

pengelompokan jenis dagangan

Pertokoan B10

pengelompokan jenis dagangan

toko B10

Kepala Dinas Perdakum danrombongan silaturrohmi ke Rumah Bpk WAJI

sILATURROHMI DIRUMAH bPK. WAJI

sILATURROHMI

sILATURROHMI

Kasi Kesmas Kecamatan Sawoo

kasi intel Kajari

silaturrohmi

acuarium dirumah Bpk WAJI

tempat penampungan pedagang Pasar Sawoo I

Tempat penampungan sementara pedagang sawoo I

absensi para pedagang

Para pedagang

absensi pedagang

absensi pedagang

para pedagang

para pedagang

Kepala Dinas Perdakum

para pedagang

para pedagang

para pedagang

para pedagang

para pedagang

para pedagang

penerima absensi pedangang

admin

admin

pennyaji

penyaji

suasana sosialisasi

suasana sosialisasi

suasana sosialisasi

Pasar sawoo II dipasar sawoo I pembagian pertokoan 35 toko dilakukan pada waktu sosialisasi dulu raboo tanggal 16 januari 2019 sedangkan loos pasar sejumlah 198 dibagi besuk senen 21 januari 2019 bertempat di pasar sawoo I sedangkan diplataran 166 kapling dilakukan setelah selesainya paving hasil konfirmasi pada kepala pasar sawoo

Kasi Kesmas, Kasi Tramtibum Kecamatan sawoo serta Kepala Pasar berada di pasar sawoo II

Suasana Pasaran di Pasar sawoo II pasaran tiap hari Pon dan legi

suasana pasar sawoo II

suasana pasar sawoo II

kasi kesmas, kasi Trasmtibum Kecamatan sawoo serta Kepala Pasar

 

 

 

 

sawoopo

About Kecamatan Sawoo

Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo Propinsi Jawa Timur Republik Indonesia