Pembinaan dan Pelatihan Retorasi Arsip Letter C Desa dan Perpustakaan Desa

PEMBINAAN DAN PELATIHAN RESTORASI ARSIP LETTER C DESA DARI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR DI DESA TUGUREJO KECAMATAN SAWOO
Arsip yang dalam bahasa Inggris “ARCHIVES”, bahasa Belanda “ARCHIEF” secara etimologi berasal dari Bahasa Yunani/Greek dari kata “ARCHE” yang berarti permulaan, jabatan atau fungsi; “TA ARCHE” yang berarti kuasa hukum, dokumen atau catatan; “ARCHION” yang diartikan sebagai balai; selanjutnya mengalami perkembangan dalam bahasa latin “ARCHIYUM” yang menunjuk pada pengertian peti sebagai tempat penyimpanan sesuatu, lalu dipersempit menunjuk pada ARCHIVES (bahasa Inggris) yang artinya tempat dokumen, kemudian ARCHIEF (bahasa Belanda) yang berarti semua kata yang tertulis, dan terus dinamis berkembang cakupan pengertiannya pada semua warkat yang telah disimpan. Arsip memiliki fungsi yang penting dan strategis dalam mendukung penyelenggaraan urusan pemerintahan di lembaga-lembaga pemerintahan maupun di lingkup swasta. Relevan dengan kebutuhan dan kepentingan terhadap keberadaan arsip, diperlukan tata kelola arsip yang baik dan cermat.
Salah satu produk arsip yang vital di Desa (klasifikasi di atas sangat penting) adalah Buku (dokumen) Letter C Desa. Keberadaan Buku (dokumen) Letter C Desa yang dari sisi usia sudah cukup lama, sementara ditinjau dari aspek internal (antara lain bahan kertas maupun tinta yang digunakan dalam penulisan dokumen) maupun aspek eksternal dokumen (antara lain cuaca, serangga, sering digunakan, dan lain sebagainya), menyebabkan keadaan fisik Buku (dokumen) Letter C Desa menjadi kurang layak. Oleh karenanya diperlukan upaya perbaikan yang dalam istilah dunia kearsipan disebut RESTORASI.
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dalam kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Restorasi Arsip Letter C Desa memperkenalkan produk inovasi restorasi arsip berupa teknik LAMINASI. Inovasi ini sudah mendapatkan apresiasi penghargaan di tingkat Nasional. Alhamdulillah… Desa Tugurejo Kecamatan Sawoo khususnya dan seluruh Desa di Kecamatan Sawoo secara umum mendapatkan kehormatan untuk menjadi pilot project dalam penerapan inovasi tehnik laminasi dalam restorasi arsip tersebut.
Kegiatan pembinaan dan pelatihan restorasi arsip Letter C Desa di bertempat di Balai Desa Tugurejo Kecamatan Sawoo berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu hari Selasa, 23 Maret 2021 dan Rabu, 24 Maret 2021. Banyak knowledge (pengetahuan) berkenaan pengelolaan arsip khususnya terkait restorasi arsip yang disampaikan oleh para tenaga fungsional ARSIPARIS Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Desa-desa se Kecamatan Sawoo sangat antusias mengikuti kegiatan pembinaan dan pelatihan tersebut.
Sebagai puncaknya pada hari Kamis tanggal 25 Maret 2021 bertempat di Pendopo Kecamatan Sawoo dilaksanakan penyerahan secara simbolis hasil kegiatan pembinaan dan pelatihan Restorasi Arsip Letter C Desa dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur (diwakili oleh Bapak KHOLIK) kepada Camat Sawoo (Drs. SETIYO HARI SUJATMIKO, A.P), selanjutnya dari Camat Sawoo kepada Kepala Desa Tugurejo mewakili 14 Desa se Kecamatan Sawoo (BIBIT WAHYUNI). Sekaligus dalam kesempatan tersebut Camat Sawoo melepas kepulangan tim pembinaan dan pelatihan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.
TERIMA KASIH teriring PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA disampaikan kepada Bapak Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur atas atensi dan kemurahan hati berkenan mentransfer pengetahuan kepada Desa-desa Kecamatan Sawoo berkenaan pengelolaan arsip melalui kegiatan pembinaan dan pelatihan restorasi arsip Letter C Desa. Tidak lupa ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya disampaikan pula kepada IBU KEPALA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN PONOROGO yang telah berkenan memfasilitasi kegiatan tersebut sejak setahun lalu. SEMOGA MENJADI AMAL BAIK BAPAK DAN IBU SEMUA, DAN SEMOGA MEMBAWA MASLAHAT TANPA BATAS BAGI DESA-DESA SE KECAMATAN SAWOO AAMIIN
sawoopo

About Kecamatan Sawoo

Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo Propinsi Jawa Timur Republik Indonesia