GERAKAN GOTONG-ROYONG “PONOROGO HEBAT”, Kerja Bhakti Reresik Karang Padesan di Kecamatan Sawoo (part 1, Minggu 21 Maret 2021)

GERAKAN GOTONG-ROYONG “PONOROGO HEBAT”, Kerja Bhakti Reresik Karang Padesan di Kecamatan Sawoo (part 1, Minggu 21 Maret 2021)

GUMREGAH SAIYEG SAEKO KAPTI… Dimulai sekitar pukul 07.00 WIB, serentak Aparat Pemerintah Desa, Lembaga Desa, Aparat Pemerintah Kecamatan, TNI-POLRI bersama masyarakat di Desa-desa Kecamatan Sawoo bergerak melakukan kegiatan kerja bhakti reresik (kebersihan) berbagai sasaran fasilitas umum yang ada di Desa, dari Kantor Desa, Jalan Desa, Saluran Desa, Makam Desa, Lokasi Destinasi Wisata Desa, dan sebagainya. Seluruh peserta kerja bhakti terlihat bugar dan bersemangat, semangat lebih pagi dari semangat pagi, semangat matahari terbit ‘SAWOO SUNRISE SPIRIT OF PONOROGO’.

Kegiatan kerja bhakti sebagai salah satu implementasi dari GOTONG ROYONG secara esensial merupakan wujud nyata bhakti generasi penerus untuk merawat dan melestarikan harta pusaka warisan para founding fathers dan leluhur negeri ini. GOTONG-ROYONG adalah ciri khas bangsa kita yang sangat kita banggakan yang mencerminkan kepribadian adiluhung Bangsa Indonesia PANCASILA.

Spirit pemerintahan PONOROGO HEBAT menjadikan GOTONG-ROYONG sebagai fundamen dalam tata kelola berpemerintahan guna mengoptimalkan semua potensi untuk sebesar-besar kemakmuran masyarakat.

Membumikan kesadaran untuk :

  • MeluHandarbeni,
  • MeluHangrungkebi,
  • MeluHanguripi,
  • MeluHangopeni,
  • MeluHangleluri,
  • Mulat Sarira Hangrasa Wani…terhadap semua aset publik yang ada secara alamiah merupakan target awal kegiatan kerja bhakti secara bergotong-royong ini. Hubungan timbal balik (saling memberi dan menerima manfaat) yang semakin intensif antara masyarakat sebagai “PEMANFAAT” dengan FASUM yang menjadi aset kekayaan “RUMAH PUBLIKNYA”, diharapkan semakin memantapkan peran dan fungsi keduanya guna menciptakan kemanfaatan yang optimal satu sama lain.

sebagai tintak lanjut dari surat Bupati Ponorogo Nomor 411/841/405.14/2021 tanggal perihal  Pelaksanaan Kerja Bhakti  

di Desa dan Kelurahan diantara isi surat tersebut adalah  untuk  melestarikan semangat kebersamaan dan kegotong royongan yang telah mengakar dan membudaya  dalam kehidupan masyarakat serta untuk menciptakan lingkungan yang bersih yang indah demi mewujudkan Ponorogo Hebat, maka perlu dilaksanakan  kerja bakti  berkelanjutan dengan melibatkan warga desa dan kelurahan di Kabupaten Ponorogo.

Sehubungan dengan hal tersebut, diminta perhatian Saudara untuk memerintahkan seluruh Kepala Desa/Lurah agar melaksanakan hal-hal sebagai berikut :

  1. Menjadwalkan dan melaksanakan kegiatan kerja bhakti di Desa/Kelurahan setiap 2 (dua) minggu sekali mulai hari Minggu tanggal 21 Maret 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai.
  2.  Menggerakkan warganya untuk melaksanakan kerja bhakti di lokasi yang telah dijadwalkan oleh Kepala Desa/Lurah.
  3. Fokus kegiatan kerja bhakti adalah gotong royong melaksanakan kebersihan lingkungan seperti jalan lingkungan, selokan, drainase dan lain-lain yang dianggap perlu.
  4. Selama pelaksanakan kegiatan kerja bhakti, wajib mentaati protokol kesehatan pencegahan dan penanganan COVID-19.

Demikian untuk menjadikan perhatian, atas bantuan dan kerjasamanya

disampaikan terima kasih.

foto Kegiatan