Desa Tumpuk Juara III Lomba BBGRM XVII Tahun 2020

Selamat kepada Desa Tumpuk atas prestasi sebagai Juara III lomba Gotong Royong ( BBGRM) Tingkat Kabupaten Ponorogo Tahun 2020 sedangkan TP PKK Desa Bondrang Pelaksana Terbaik 8 Besar 10 Program Pokok PKK penghargaan diserahkan oleh Bupati Ponorogo pada tanggal 29 Desember 2020 bertempat di Sasana Praja Kabupaten Ponorogo
Gotong-royong adalah ciri khas kehidupan sosial kemasyarakatan dan sosial kebangsaan Bangsa Indonesia. Gotong-royong merupakan modal dasar Bangsa Indonesia dalam memperjuangkan, mempertahankan, memelihara dan mengisi kemerdekaan sehingga NKRI tetap kokoh berdiri serta terus melangkah dan membuat lompatan kemajuan menyongsong masa depannya yang cemerlang. Gotong-royong sebagai aset vital Bangsa Indonesia harus terus dipupuk, dikelola, dilestarikan dan ditingkatkan kualitas implementasinya guna menjawab persoalan efisiensi dan akselerasi pembangunan maupun dalam rangka penguatan soliditas dan solidaritas antar warga bangsa. Dalam ranah pemerintahan , gotong-royong secara formal dicanangkan setiap tahunnya dalam bentuk Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat atau disingkat BBGRM termasuk di Kabupaten Ponorpoo. Alhamdulillah dalam penyelenggaraan BBGRM tahun 2020 di Kabupaten Ponorogo,
Kepala Desa Tumpuk menerima piagam lomba BBGRM XVII

Kepala Desa Tumpuk menerima piagam lomba BBGRM XVII

 

 

 

8 besar Pelaksanaan 10 Program PKK

8 besar Penerima penghargaan pelaksanaan 10 program PKK terbaik 2020

8 besar Penerima penghargaan pelaksanaan 10 program PKK terbaik 2020

Gotong-royong adalah ciri khas kehidupan sosial kemasyarakatan dan sosial kebangsaan Bangsa Indonesia. Gotong-royong merupakan modal dasar Bangsa Indonesia dalam memperjuangkan, mempertahankan, memelihara dan mengisi kemerdekaan sehingga NKRI tetap kokoh berdiri serta terus melangkah dan membuat lompatan kemajuan menyongsong masa depannya yang cemerlang. Gotong-royong sebagai aset vital Bangsa Indonesia harus terus dipupuk, dikelola, dilestarikan dan ditingkatkan kualitas implementasinya guna menjawab persoalan efisiensi dan akselerasi pembangunan maupun dalam rangka penguatan soliditas dan solidaritas antar warga bangsa. Dalam ranah pemerintahan , gotong-royong secara formal dicanangkan setiap tahunnya dalam bentuk Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat atau disingkat BBGRM termasuk di Kabupaten Ponorpoo. Alhamdulillah dalam penyelenggaraan BBGRM tahun 2020 di Kabupaten Ponorogo, Desa Tumpuk Kecamatan Sawoo dinobatkan sebagai Pelaksana Terbaik III Gotong Royong tingkat Kabupaten. Prestasi ini tentu tidak diraih dengan mudah, melainkan melalui jalan panjang perjuangan dan sinergitas seluruh komponen pemerintahan dan kemasyarakatan Desa Tumpuk bersama masyarakat Desa Tumpuk. Sekali lagi SELAMAT dan SUKSES SELALU buat Desa Tumpuk👍👍👍.

Salah satu fungsi pemerintahan adalah pemberdayaan masyarakat. Sementara itu lingkup komunitas sosial masyarakat terkecil adalah keluarga sebagai cikal bakal terbentuknya komunitas sosial masyarakat dalam lingkup yang lebih luas. Keluarga yang harmonis, kuat, hebat, sejahtera dan bahagia tentu berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa dan negara. Pemerintah sejak jauh hari tak henti berupaya maksimal membangun keluarga-keluarga yang harmonis, kuat, hebat, sejahtera dan bahagia melalui Gerakan PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) yang saat ini semakin mendapatkan atensi lebih dari Pemerintah dengan 10 Program Pokok PKK-nya. Di tingkat Desa, Gerakan PKK dikelola oleh Tim Penggerak (TP) PKK Desa sebagai ujung tombak yang langsung berhadapan dengan keluarga. Dalam Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-48, ALHAMDULILLAH TP PKK Desa Bondrang masuk dalam 8 Besar Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK tingkat Kabupaten. SELAMAT pula buat TP PKK Desa Bondrang atas prestasi yang telah diraihnya, semoga bermanfaat dan semakin jaya.

Dalam kesempatan tersebut penghargaan Pelaksana Terbaik III Gotong Royong diserahkan langsung oleh Bupati Ponorogo Bapak Drs. H. IPONG MUCHLISSONI, sedangkan untuk 8 besar Pelaksana terbaik 10 Program Pokok PKK diserahkan oleh Ketia TP PKK Kabupaten Ponorogo Ibu Hj. SRI WAHYUNI IPONG MUCHLOSSONI, S.Sos.

Penilaian pelksanaan 10 program PKK di Desa Bondrang

Penilaian pelksanaan 10 program PKK di Desa Bondrang

Adapun pelaksanaan Penilaian 10 sepuluh Program PKK Tingkat Kabupaten Ponorogo di Desa Bondrang Kecamatan Sawoo pada hari Kamis 17 Desember 2020.

10 (Sepuluh) program pokok PKK adalah sebagai berikut:

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
  2. Gotong Royong
  3. Pangan
  4. Sandang
  5. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
  6. Pendidikan dan Ketrampilan
  7. Kesehatan
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
  9. Kelestarian Lingkungan Hidup
  10. Perencanaan Sehat
sawoopo

About Kecamatan Sawoo

Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo Propinsi Jawa Timur Republik Indonesia